Advertisement here

Islam Mengajarkan Kita Untuk Mengelola Uang dengan Bijak


Islam mengajarkan umatnya untuk  mengelola keuangan dengan senantiasa berhemat dan membelanjakan uang seperlunya. Dan di dalam Islam juga diajarkan agar kita senantiasa menabung untuk masa depan.

Manajemen keuangan merupakan proses kita untuk mengelola pendapatan, pengeluaran, tabungan, dan pinjaman untuk memastikan kehidupan yang berkelanjutan dan nyaman. Selain itu, mengelola keuangan dengan dapat membantu kita mempersiapkan dana yang kita perlukan sewaktu-waktu dan mempersiapkan untuk masa depan kita.

Kita harus mengetahui berapa banyak uang kita habiskan setiap bulan dan berapa banyak uang yang kita anggarkan untuk pengeluaran kita. Kalau kita sudah mengetahui anggaran kita dan pengeluaran kita setiap bulan, kita dapat mengontrol keuangan kita dan juga tahu uang kita habiskan untuk apa saja.

Hal ini terlihat mudah dan gampang dijalankan. Tapi, pada kenyataannya banyak orang termasuk kita kesulitan dalam mengatur keuangan. Karena itu penting bagi kita untuk bisa mengatur keuangan kita. Kita harus berusaha untuk mengatur keuangan kita sebaik mungkin sesuai kemampuan kita.


Apakah Islam menganjurkan pengelolaan keuangan yang benar?

Islam selalu menganjurkan kita untuk menjadi kaya. Kalau kita kaya memungkinkan kita untuk membantu sesama muslim. Selain itu, Nabi Muhammad S.A.W mengajarkan kita bahwa tangan yang memberi lebih baik daripada tangan yang menerima.

Penting bagi kita untuk tidak menghabiskan uang kita secara berlebihan untuk hal-hal yang tidak perlu. Kita harus berusaha sebaik mungkin untuk menjaga pengeluaran yang sehat dan memanfaatkan kekayaan kita sepenuhnya.

Adapun cara mengelola keuangan dengan baik sebagai muslim yang sudah rolleiman rangkum adalah sebagai berikut :


Menjadi Muslim Yang Bertanggung Jawab

Sebagai seorang muslim kita harus bertanggung jawab, kita harus memastikan uang yang kita gunakan untuk hal-hal yang baik dan mempunyai manfaat. Dengan bertanggung jawab kita dapat memanfaatkan uang kita sepenuhnya dan memberikan kehidupan yang nyaman bagi keluarga kita. Selain itu, kita dapat membantu ke orang yang membutuhkan bantuan keuangan.

Bertanggung jawab secara konsisten atas keuangan kita dapat menjadi tantangan, tetapi memikirkan dan memprioritaskan hal-hal penting yang kita butuhkan di masa depan, daripada apa yang kita inginkan, dapat membantu meringankan tantangan dan membuat kita lebih fokus dalam menahan tanggung jawab kita.


Hindari Pemborosan dan Pengeluaran Berlebihan

Nabi Muhammad s.a.w. menyebutkan Allah terhadap pemborosan kekayaan. Ini karena kekayaan jika dimanfaatkan dengan baik dapat sangat membantu pertumbuhan masyarakat.

Maksudnya, boros dapat diartikan sebagai perbuatan yang sering menghamburkan materi secara berlebihan dengan tujuan tidak ada manfaatnya.

Dalam pandangan islam boros dianggap sebagai perbuatan yang dibenci oleh Allah SWT. Allah tidak suka dengan apa yang dilakukan secara berlebihan.


Syukuri apa yang kamu miliki

Dalam hidup ini, seharusnya kita banyak-banyak bersyukur atas apa yang telah kita terima dan rasakan. Bersyukur atas semua yang dilimpahkan oleh Allah SWT kepada kita adalah wajib. Karena dengan bersyukur, jiwa kita akan tenang dan nikmat yang kita terima dan rasakan akan semakin memberi berkah dalam hidup kita.

Kesimpulannya, memiliki manajemen keuangan yang tepat sangatlah penting bagi setiap muslim. Mengelola keuangan bertujuan untuk menjadi seorang Muslim yang kuat secara finansial, karena ini dapat memberikan manfaat untuk anda dan dapat membantu siapapun yang membutuhkan bantuan keuangan.



Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
Advertisement here
Advertisement here
Advertisement here
Advertisement here